Berita

Industri Keramik Diajak Bidik Peluang IKN

Industri Keramik
27 Oct 2022 08:42:36

Penulis : Administrator

(30/05/2023) Sumber : Pro Kaltim

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membidik peran sektor keramik dan mineral non-logam dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). ”Peluang itu untuk produk-produk industri yang telah tersertifikasi memenuhi mutu Standard Nasional Indonesia (SNI),” ujar Sekretaris Badan Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin E. Ratna Utarianingrum, (31/5).

Ratna mengatakan, upaya memajukan industri keramik nasional terus dilakukan oleh pemerintah dengan strategi khusus. Diantaranya, pemberlakuan SNI wajib bagi produk-produk keramik, kaca dan bahan galian nonlogam lainnya, sertifikasi TKDN, serta pengembangan SDM.

”Selain meningkatkan utilisasi, juga diperlukan inovasi pada produknya yang sesuai dengan kebutuhan dan daya beli konsumen di dalam dan luar negeri, sehingga penjualan akan lebih meningkat,” ujarnya.

Ketua Umum Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto menyebutkan, para pelaku industri keramik telah menerapkan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dengan melakukan sertifikasi TKDN.

“Dalam peta jalan industri keramik nasional, produksi keramik pada 2023 yang semula 551 juta meter persegi akan ditingkatkan menjadi 625 juta meter persegi,” tuturnya.

Bahkan, jumlah produksi tersebut ditingkatkan lagi menjadi 810 juta meter persegi untuk memenuhi target angka per kapita penggunaan keramik di negara-negara Asia Tenggara yang sebesar 3 meter persegi.

“Apabila target tersebut terpenuhi akan menjadikan Indonesia sebagai produsen ke-4 terbesar keramik di dunia dan terbaik di Asia. Adapun tingkat utilisasi saat ini adalah 78 persen dan akan ditingkatkan menjadi 82 persen pada tahun 2024,” urai Edy.

Edy menambahkan bahwa informasi dari PUPR, pembangunan IKN akan ada 5 tahap dan selesai di 2045. Dalam rentang waktu cukup lama, kebutuhannya sangat besar. Edy mendorong anggota Asaki untuk hadir di Kalimantan Timur.

”Saat ini feasibility study apa memungkinkan bangun pabrik baru di sekitar IKN. Mayoritas anggota ada di Jatim, sedangkan Surabaya ke Kaltim tidak terlalu jauh. Namun, bagi pabrik yang tadinya ada di Sumut, Jabar, demi efisiensi ongkos angkut, mereka bisa hadir langsung di IKN,” bebernya.