Berita

Kontribusi jurnal ilmiah BBSPJI KMN dalam bidang pemanfaatan Hydroxyapatite (HA) sintesis pada orasi dan pengukuhan Guru Besar Universitas Airlangga

Balai Besar Keramik
27 Jan 2022 16:57:42

Penulis : Administrator

Hydroxyapatite (HA) yang berbahan dasar batu kapur Padalarang telah berhasil disintesis oleh BBSPJIKMN. HA memiliki beberapa produk turunan seperti Carbonate Hydroxyapatite (CHA), Beta Tricalcium Phosphate (B-TCP),  Dicalcium Phosphate Dihydrate (DCPD),  dan Dicalcium Phosphate Anhydrate (DCPA). Melalui kerjasama antara FKG Universitas Airlangga dan BBSPJIKMN, material CHA dimanfaatkan sebagai material penyusun implan tulang. Pada tanggal 21 September 2023, Prof. Dr. Devi Rianti, drg., M.Kes dikukuhkan sebagai salah satu Guru Besar bidang ilmu Biomaterial Natural Mineral Alam di Universitas Airlangga Surabaya dengan orasinya yang berjudul Potensi Biomaterial Berbasis Batu Kapur untuk Rekayasa Jaringan Tulang di Bidang Kedokteran Gigi. Prof. Devi memanfaatkan CHA sebagai material penyusun bone graft.

CHA terdiri dari kalsium fosfat yang merupakan komponen utama dari tulang dan gigi manusia. CHA memiliki struktur kristal yang mirip dengan tulang dan gigi, sehingga sering digunakan sebagai biomaterial dalam aplikasi kedokteran.


Pada bidang kedokteran gigi, CHA sering digunakan untuk membuat implan gigi atau bahan pengisi gigi karena kemampuannya untuk menyatu dengan jaringan tulang alami. Selain itu, CHA juga dapat digunakan dalam bidang ortopedi untuk memperbaiki kerusakan tulang atau sebagai lapisan pada permukaan implant untuk meningkatkan integrasi dengan jaringan tulang.

Keunggulan CHA sebagai biomaterial termasuk biokompatibilitasnya yang tinggi, kemampuan mengikat protein dan faktor pertumbuhan yang penting bagi regenerasi jaringan, serta stabilitas kimia dan mekanikanya. Selain itu, CHA juga memiliki sifat osteoinduktif yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel tulang baru.

Penggunaan CHA sebagai biomaterial natural mineral alam memiliki potensi besar dalam berbagai aplikasi medis. Namun, perlu dilakukan lebih banyak penelitian untuk memahami secara lebih mendalam tentang interaksi antara CHA dengan jaringan tubuh serta mengoptimalkan sifat-sifatnya agar dapat diaplikasikan secara efektif dalam pengobatan berbagai kondisi medis.|

Melalui pengembangan material HA dan produk turunannya ini,  BBSPJIKMN pernah mendapatkan penghargaan Best Halal Innovation di acara IHYA 2021 dengan fokus penemuan bone ash berbasis bahan baku kapur alam untuk aplikasi pada industri keramik dan industri medis (implant tulang dan gigi), yang berpotensi menggantikan bone ash dari babi yang sekarang banyak digunakan.


Hasil pemanfaatan kapur alam menjadi salah satu biomaterial ini merupakan kontribusi BBSPJIKMN dalam bidang kesehatan. 

Selain itu, dengan adanya acara pengukuhan guru besar Universitas Airlangga ini, semoga menjadi penyemangat dan motivasi bagi teman-teman Pembina Industri, untuk semakin semangat berkarya dan berkolaborasi bagi satker tercinta dalam mengoptimalisasikan pemanfaatan teknologi untuk industri dan dunia pendidikan.


Ditulis oleh : Humas BBSPJIKMN