Berita

Mendorong Industri Refraktori Nasional melalui Mutu Pengujian yang Handal

Balai Besar Keramik
27 Jan 2022 16:57:42

Penulis : Administrator

Penulis: Humas BBSPJIKMN

Administrator: Prakom BBSPJIKMN

November 2023

 

            Industri refraktori Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, terutama seiring dengan perkembangan industri manufaktur di negara ini. Industri refraktori nasional telah berfokus pada inovasi teknologi untuk memproduksi bahan refraktori yang lebih tahan lama pada suhu tinggi, memiliki sifat isolasi termal yang baik, serta lebih ramah lingkungan.

Selain itu, permintaan akan bahan refraktori yang berkualitas tinggi terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan sektor industri, terutama dalam bidang logam, kaca, dan keramik. Adopsi teknologi baru juga telah memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi penggunaan refraktori di berbagai proses industri.

    Industri refraktori dinilai sebagai salah satu sektor strategis karena produksinya untuk menopang kebutuhan berbagai manufaktur lainnya.Optimistis apabila industri refraktori ini tumbuh berkembang dan memiliki performa gemilang, akan mendukung kinerja sektor industri pengolahan nonmigas, khususnya kelompok industri bahan galian nonlogam.


Penguji sedang melakukan pengujian di laboratorium refraktori BBSPJIKMN

Refraktori adalah suatu material/bahan yang dapat mempertahankan bentuk fisik dan identitas kimianya terhadap suhu tinggi pada waktu yang relatif panjang. Terdapat 2 (dua) definisi dari refraktori yaitu antara lain berdasarkan ASTM 71 dan JIS R 2001–1985. Dan dari 2 (dua) pengertian definisi mengenai refraktori ini terdapat perbedaan.

Berdasarkan ASTM 71 Refraktori adalah bahan non-logam yang memiliki sifat-sifat kimia dan fisika yang dapat digunakan untuk struktur atau sebagai komponen dari sistem, yang berada di lingkungan suhu, diatas suhu 1000oF (811K; 538oC). Sedangkan menurut JIS R 2001 – 1985 definisinya adalah bahan dengan bentuk tetap yang tahan lama pada suhu tinggi (>1500oC) dan bahan tak berbentuk (misal : mortar, kastabel, plastis, dll) dan bata tahan api dengan suhu penggunaan >800oC.

Refraktori memiliki beragam fungsi termasuk proteksi terhadap suhu tinggi, gas panas, katalis, leburan, larutan, mengurangi heat loss, serta menjaga stabilitas suhu operasi di dalam peralatan.

Dalam penggunaannya refraktori dapat diaplikasikan untuk lapisan thermal  di dunia industri metalurgi pada lapisan dalam dari tungku, reaktor dan tangki lainnya untuk menampung dan menyalurkan logam dan terak. Begitu pun juga di industri non-logam refraktori pada umumnya dipasang pada fired heater, hidrogen reformer, catalytic cracking unit, coke calciner, sulfur furnace, air heater, ducting, cerobong dan lain-lain. Serta refraktori dapat pula digunakan untuk insulasi panas.

Terdapat beberapa sifat refraktori yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan dari jenis peruntukan penggunaannya, sifat-sifat refraktori itu antara lain kemampuan menahan suhu tinggi, kemampuan menahan kejut suhu, kemampuan menahan beban pada kondisi pemakaian, kemampuan menahan beban dan gaya abrasif, kemampuan menyimpan panas, kemampuan tidak mengkontaminasi bahan yang berkontak, kemampuan menjaga kestabilan dimensi yang cukup pada suhu tinggi dan setelah/selama siklus lama berulang (koefisien muai panas rendah), kemampuan menahan kerja leburan logam, gas panas, erosi terak, dll.


Jenis-jenis bentuk refraktori

Berdasarkan klasifikasinya, refraktori dapat diklasifikasikan menjadi beberapa bentuk diantaranya refraktori bahan berserat (fibrous materials) contohnya seperti ceramic fiber. Refraktori berbentuk (shaped refractories) contohnya bricks dan insulating bricks. Serta refraktori tidak berbentuk (unshaped refractories) seperti mortar, castables, plastics, gunning mixes, ramming mixes, slinger mixes, patching materials / coating materials, light-weight castables.

Pada perkembangannya juga refraktori mengalami berbagai perubahan berdasarkan pada komposisi kimianya. Inilah yang membuat refraktori menjadi komoditi yang dapat terus dikembangkan. Komposisi kimia tersebut dimulai dari fireclay, magnesia refractory / dolomyte refractory, electric-fused cast refractory, chrome magnesite refractory dan carbon-containing refractory.


Tungku sebagai salah satu alat dalam pengujian refraktori

Laboratorium Pengujian Refraktori di Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Keramik dan Mineral Nonlogam (BBSPJIKMN) terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan prima bagi masyarakat atau pelanggan yang memerlukan pengujian refraktori. Sejak didirikan sampai saat ini, layanan pengujian refraktori telah menjadi kontributor utama dalam memenuhi kebutuhan bagi para stakeholder.

    Jenis Layanan jasa pengujian refraktori di BBSPJIKMN terdiri dari :

1.

 

Bata Tahan Api Magnesit.

2.

 

Bata Tahan Api Isolasi Jenis Samot.

3.

 

Bata Tahan Api Jenis Samot.

4.

 

Gunning Material & Ramming Material.

5.

 

Castable.

6.

 

Mortar Tahan Api Jenis Alumina Tinggi.

7.

 

Mortar Tahan Api Jenis Samot Yang Mengeras Pada Suhu Tinggi.

8.

 

Bata Tahan Api Jenis Alumina Tinggi.

9.

 

Mortar.

10.

 

Bata Tahan Api (ASTM).

11.

 

Bata Tahan Api Castable Jenis Alumina Silikat.

12.

 

Bata Tahan Api Isolasi Castable Jenis Alumina Silikat.


Laboratorium Refraktori BBSPJIKMN didukung dengan fasilitas sarana dan prasarana laboratorium yang memadai, personel yang profesional dan telah tersertifikasi di bidang refraktori. Dan juga sebagai informasi tambahan bahwa BBSPJIKMN pula menyelenggarakan jasa Bimbingan Teknis Pelatihan Refraktori API 936.

Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Keramik dan Mineral Nonlogam (BBSPJIKMN) senantiasa berkomitmen terhadap mutu dan kualitas untuk terus berinovasi dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan komoditi refraktori.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan dan fasilitas laboratorium pengujian refraktori di BBSPJIKMN, dapat mengunjungi bbk.go.id atau hubungi add email kemitraan@bbk.go.id, telepon 022-7206221.