Berita

Begini Cara Kemenperin Dorong Industri Keramik Terapkan SNI

Industri Keramik
27 Oct 2022 08:42:36

Penulis : Administrator

(30/05/2023) Sumber : VOI

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Badan Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSKJI) telah menyelenggarakan acara Temu Usaha Industri 2023 di Bogor, pada Selasa, 30 Mei.

Adapun acara tersebut telah diselenggarakan oleh Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Keramik dan Mineral Non-logam (BBSPJIKMN).

Hal ini dilakukan untuk terus mendukung penguatan pembangunan struktur industri nasional yang mandiri dan berdaulat, berdaya saing global, serta berbasis inovasi dan teknologi, yang mana sejalan dengan upaya mewujudkan Indonesia menjadi negara industri yang tangguh.

"Kegiatan rutin tahunan ini bertujuan untuk memberikan ruang, waktu, wawasan dan informasi kepada pelaku industri dan publik terkait perkembangan regulasi pemerintah yang berhubungan dengan dunia usaha," kata Sekretaris Badan Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin E. Ratna Utarianingrum dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 31 Mei.

Ratna mengatakan, selain memperkenalkan model dan sistem informasi layanan publik (BBSPJIKMN), kegiatan temu industri juga dimanfaatkan untuk lebih menggiatkan penggunaan produk dalam negeri.

"Untuk itu, kami fokus pada upaya menunjang daya saing industri melalui infrastruktur standardisasi industri, serta pemanfaatan sumber daya industri melalui pemanfaatan teknologi modern," ujarnya.

Dalam kesempatan temu industri itu, salah satu pembahasannya mengenai peran industri keramik dan mineral non-logam dalam pembangun Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Tentunya peluang ini untuk mengisi produk-produk industri yang telah tersertifikasi memenuhi mutu Standar Nasional Indonesia (SNI)," ucap Ratna.

Senada dengan Ratna, Kepala BBSPIJKM Azhar Fitri mengatakan, upaya memajukan industri keramik nasional perlu terus dilakukan oleh pemerintah dengan mengupayakan strategi khusus, yakni melalui pemberlakuan SNI wajib bagi produk-produk keramik, kaca dan bahan galian non-logam lainnya, sertifikasi TKDN, serta pengembangan SDM industri.

"Bagi industri keramik nasional, selain meningkatkan utilisasi, juga diperlukan upaya dalam inovasi pada produknya yang sesuai dengan kebutuhan dan daya beli konsumen di dalam dan luar negeri, sehingga penjualan akan lebih meningkat," imbuhnya.

Dalam acara Temu Usaha Industri BBSPJIKMN di Bogor, juga dilakukan penandatanganan MoU antara BBSPJIKMN dengan sejumlah pelaku industri, di antaranya PT Cipta Mortar Utama dan PT Lucky Indah Keramik.